4 Rekomendasi Film Korea yang Wajib Ditonton Selama di Rumah

Berbicara mengenai film dan karya seni asal Korea Selatan, membuat pikiran melayang pada hiruk-pikuk persaingan industri hiburan disana. Hallyu Wave membuat persebaran budaya Korea semakin mudah merebak keseluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, kekuatan dan karakter Korea hampir bisa ditemukan di setiap negara. Bahkan Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dan film dunia mulai terkecoh dengan efek yang dibuat oleh Korea Selatan. Hal ini terbukti dari kerjasama salah satu industri Hollywood dengan SM Entertaiment.

Bayangkan saja, tidak mungkin Negara sekuat Amerika akan melakukan langkah tersebut, ketika mereka tak melihat peluang yang akan diperoleh dari kerjasama itu. Setelah sukses mewarnai dunia dengan musik Kpop, kini antusias masyarakat global meluas pada ranah perfilman dan drama Korea. Diakui atau tidak, cinema asal Korea Selatan selalu menciptakan rasa candu tak berkesudahan. Tidak heran jika kemudian, Anda rela streaming semalaman untuk melihat kelanjutan dari drama yang sedang berlangsung. Bukan hal aneh ketika di masa seperti ini, Korea Selatan masih sempat-sempatnya menayangkan deretan movie dan drama berkualitas.

4 Film Korea yang Wajib Ditonton

Industri perfilman Korea Selatan semakin menunjukan eksistensinya. Setelah sukses dengan film-film bergenre romance. Akhir-akhir ini, Negeri Gingseng mulai mengeksplor jenis film bernuansa dark. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab value dan sentuhan lembut ala Korea masih mampu dirasakan. Setelah sempat mengalami penundaan karena pandemi Covid di awal tahun 2020. Kini, beberapa film dikabarkan kembali digarap dan siap mengebrak pecinta cinema di tahun baru. Nah, bagi Anda yang sekarang suntuk karena masih di rumah saja. Berikut 5 rekomendasi film Korea yang siap temani hari-hari Anda:

  1. Intruder

Film pertama yang juga merupakan comeback aktris cantik Seo Jin di layar perfilman. Perbeda dari genre film Seo Jin lainnya, disini dia akan memerankan seorang kakak yang sakit gangguan mental karena kehilangan seorang adik. Adiknya yang bernama Yoo Jin menghilang, dan tiba-tiba kembali setelah 25 tahun. Keadaan tersebut membuat keluarga dan dirinya sempat tak percaya. Namun, setelah tes DNA semua menunjukan bahwa pria itu benar-benar adiknya yang hilang. Alur cerita film ini, cukup kompleks dengan setting yang berubah dan lebih fokus pada genre misteri. Film Intruder sendiri dirilis tanggal 5 Juni 2020. Salah satu film tersukses setelah beberapa kali mengalami penundaan karena pandemi Covid-19.

  1. Pawn

Bagi Anda yang suka dengan genre keluarga nan manis. Tidak ada salahnya untuk melihat sensasi kasih sayang ayah yang terkemas unik dan berbeda. Film ini berjudul Pawn, dibintangi oleh sederet bintang kenamaan Korea Selatan dan dirilis akhir tahun lalu. Alur cerita sangat menyentuh dengan karakter mengemaskan dari aktris cilik,  Park So-Yi yang berperan sebagai Seung-Yi. Disutradari oleh Kang Dae Kyu dan menjadi pilihan film keluarga yang membuat siapapun akan kangen dengan sosok ayah. Pawn diluncurkan 9 November 2020. Belum terlambat untuk menyaksikan semua kesan lembut dari film ini.

  1. Parasite

Parasit menjadi salah satu  film yang berhasil memenangkan Piala Oscar. Film ini dikemas sangat epic, sebab mengabungkan berbagai genre didalamnya. Film yang juga dibintangi aktris muda, Park So Dam tersebut nilai sebagai banyolan berkelas yang sukses menampar berbagai pihak untuk menyadari tentang perbedaan status sosial di Korea Selatan. Jadi, bukan hal aneh jika Parasit berhasil menuai pro kontra yang membuat film ini terus diputar oleh penikmat film.

  1. Extreme Job

Film apa yang membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal? Extreme Job adalah salah satu jawaban paling tepat. Film ini mengangkat tema serius, namun dikemas dengan candaan luar biasa. Penonton akan disuguhkan aksi 5 detektif super kocak yang unik akan karakternya masing-masing. Alur cerita tersebut dibuat menarik oleh kemasan yang berbeda. Sampai pada akhirnya, kelima orang itu menarik kembali eksis di dunia kepolisian dengan bisnis yang sukses luar biasa.

Daya Tarik Film Korea Selatan

Setiap film mempunyai target penontonnya masing-masing. Sasaran market ini menjadi meluas dan tak terkontrol, ketika cerita yang disuguhkan dalam film sesuai dengan ekspektasi penonton. Hal itu yang menurut beberapa sumber dimiliki oleh industri film Korea Selatan. Tidak heran ketika kemudian, industri film Korea mampu bersaing dengan film-film Holywood.

Kenyataan ini yang seharusnya, mendukung perfilman di Tanah Air berbenah diri. Pasalnya, jika mau sabar sebenarnya Indonesia mampu menciptakan karya film semenarik ini. Buktinya beberapa film di awal tahun 2020 berhasil menarik 2 juta penonton lebih. Misalnya saja, Film yang diadaptasi oleh buku milik Marchella FP yang berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Pada intinya, anak bangsa juga memiliki potensi yang sama.