Alive – Bertahan Hidup Dalam Apartemen Penuh Zombie

Alive adalah sebuah film produksi korea selatan tahun 2020 yang di perankan oleh yoon ah in dan park shin hye. Ini termasuk film thriller horor aksi yang sangat mencekam dengan teror wabah zombi yang melanda kehidupan manusia seperti film zombie lainnya. Tentunya aksi kejar kejar dan di mangsa atau di buru oleh sekelompok mayat hidup ini akan mewarnai film dengan durasi 99 menit ini.

Film ini menuai kesuksesan yang besar sejak hari pertama perilisannya dan menduduki peringkat nomor 1 di hari ke 5 dengan jumlah penonton yang sangat tinggi dan penjualan yang besar di dalam negeri dan secara internasional. Film ini juga mendapatkan respon positif dari para reviewer dan kritikus film dunia dengan plot yang cukup simpel dan cerita yang menegangkan.

Plot cerita film ini akan berfokus pada seorang pemuda pria yang juga seorang gamer yang kesehariannya di gunakan untuk bermain game yang tiba tiba menemukan berita wabah zombie yang melanda korea dan seketika saat ia melihat ke bawah apartemennya kekacauan sudah terjadi dengan sangat hebat dan kebetulan di hari kejadian itu ia sendirian di rumah. Di sepanjang film nanti akan di perlihatkan bagaimana ia bertahan hidup dan bertemu dengan lawan mainnya park shin hye yang juga adalah tetangga baginya di kompleks apartemen tersebut.

Dalam pembahasan film ini tentu ada sedikit spoiler yang di sajikan dan kami harapkan tidak menganggu pengalaman anda dalam menonton, akan tetapi jika anda memang tidak suka dengan spoiler maka anda bisa berhenti membaca mulai dari sini.

Film akan di buka dengan memperlihatkan joon woo yang kesehariannya bermain game online dengan temannya. Di hari itu adalah hari yang biasa baginya bermain game sambil mengobrol melalui microphonenya dimana teman teman gamenya mengatakan ada sesuatu hal yang mengerikan sedang berlangsung. Seketika itu jugalah joon woo mencari tahu keadaan yang sedang berlangsung melalui TV dan sedang di lakukan breaking news akan situasi pandemi zombie yang melanda. Ia pun melihat ke bawah apartemennya yang sedang terjadi kekacauann dimana manusia menyerang manusia dan sudah seperti zombie para mayat hidup ini akan menggigit dan menyerang orang di sekitarnya tanpa mengenal mereka.

Orang yang sudah terkena gigitan ini akan langsung terinfeksi dan berubah menjadi mayat hidup yang memburu semua orang. Ia pun membuka pintu apartemen unitnya dan menemukan situasi di koridor juga cukup mencekam dimana seorang pria masuk ke dalam rumahnya dan meminta perlindungan. Tapi joon woo bisa melihat ada yang aneh dengan pria ini dan segera mengusirnya karena cukup yakin pria ini telah terkena gigitan.

Dugaan joon woo ternyata benar dan seketika pria ini berubah menjadi mayat hidup tapi beruntung joon woo bisa mengatasinya. Sejak saat itu situasi pun semakin memburuk dimana joon woo sendirian hidup di apartemen dengan sisa stok persediaan makanan dan minuman yang terbatas. Ia juga menyesali dirinya yang terlalu sibuk bermain game setiap hari sehingga belum membeli stok makanan seperti mi instan sehingga stok makananya tentu akan lebih menipis dan cepat habis lagi.

Signal dan komunikasi juga tidak terhubung dengan baik karena di dalam korea selatan seluruh negeri sedang menghadapi keadaan yang serupa. Joon woo bahkan mencoba mencari signal dengan memanjat dari jendela apartemennya dan menjulurkan ponsel demi mendapatkan pesan suara dari ibunya yang tengah di teror oleh zombie.

Hari demi hari di lewati sehingga joon woo merasa tidak ada yang bisa ia lakukan dan putus harapan dengan menipisnya stok makan dan minum. Ia kehilangan tujuan dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri dengan menggantung dirinya di ruang tamu. Tapi setelah mengaitkan lehernya ke dalam tali seketika itu juga sebuah cahaya dari jendela apartemen di seberang menyinarinya dan memberikan signal kehidupan.

Joon woo pun kaget dan ingin mengurungkan niatnya untuk mencari tahu siapa yang sedang mencoba mengkontaknya. Ia pun berusaha melepaskan lehernya dari lilitan tali yang menggantung. Setelah dengan penuh perjuangan ia berhasil lepas dari insiden yang hampir membuatnya kehilangan nyawa dan menemukan seorang wanita dari seberang apartemen yang memberinya kode kalau ia cukup bodoh untuk melakukan bunuh diri.

Dari sini lah kedua orang ini kemudian mencoba berkomunikasi dan membantu satu sama lain sambil mencoba mencari jalan keluar di tengah kegilaan dan teror yang terjadi di antara mereka. Plot film ini agak lambat di awal dimana untuk memperlihatkan joon woo yang mencari tahu keadaan di sekitaran, keadaan keluarganya dan bertahan hidup sendiri sampai ia bertemu dengan yoo bin tetangga seberangnya. Setelah itu maka plot akan menjadi lebih dinamis lagi dengan bagaimana cara mereka berkomunikasi dan mencoba mencari suplai makanan hingga mencoba mencari jalan keluar dari apartemen tersebut.