Episode Terbaik Serial Anime Violet Evergarden

Animasi ini bercerita tentang Violet Evergarden yang telah pulang dari perang. Violet merupakan seorang gadis muda yang sebelumnya dikenal sebagai ‘senjata’ selama di medan perang. Ia memutuskan untuk meninggalkan dunia tersebut demi memulai kehidupan baru.

Namun, dalam perjalanan hidupnya pasca perang, Violet masih memiliki sedikit kenangan dan trauma. Sembari menyembuhkan diri dari trauma, Violet dipekerjakan oleh mantan kolonel Hodgins sebagai penulis surat di CH Postal Service.

Violet sangat tersentuh oleh Auto Memories Dolls, departemen ghostwriting yang menulis surat bagi pria-pria yang tak bisa baca-tulis, dan ingin menyatakan perasaan cintanya pada seseorang. Violet pun memulai perjalanannya sebagai Auto Memories Doll, dan berhadapan langsung dengan berbagai emosi orang dan bentuk cinta yang berbeda sembari mencari makna kata ‘cinta’ yang pernah diucapkan oleh sang atasan, Mayor Gilbert, yang tewas dalam pertempuran.

Untuk menyambut sekuel anime Violet Evergarden, Violet Evergarden Movie yang dirilis di Jepang tanggal 18 September 2020, lalu secara bertahap di negara lainnya tahun depan. Inilah 5 momen terbaik di serial anime Violet Evergarden yang sedikit kiranya dapat mempersegar ingatan dan mengobati kerinduan akan animenya.

Episode Terbaik Serial Anime Violet Evergarden

Ibu akan selalu dan selamanya menjagamu, Ann

Momen Violet Evergarden paling sedih ini tersaji di episode 10, Violet yang bertemu dengan Clara Magnolia dan Ann Magnolia, ibu dan putrinya. Clara Magnolia meminta bantuan Violet untuk menuliskan surat karena dia sedang sakit dan hidupnya tidak akan lama lagi. Bukan kepada orang yang jauh, Clara sebenarnya mengirimkan suratnya untuk putrinya, Ann Magnolia.

Kisah ini menjadi lebih sedih karena Ann pun tahu kalau hidup ibunya tidak akan lama lagi, Ann marah karena ibunya menghabiskan banyak waktu dengan Violet tanpa tahu kepada siapa sebenarnya semua surat itu ditujukan.

Kisah pun berakhir dengan Violet yang telah menyelesaikan tugasnya, Clara yang menghabiskan sisa hidupnya bersama Ann, dan surat Clara yang ditujukan kepada Ann setiap tahunnya setelah Clara meninggal.

Aku ingin dipanggil “Ayah” oleh Olivia ribuan kali lagi

Di Violet Evergarden episode 7, Violet bertemu dengan Oscar Webster, seorang penulis skenario Opera yang terpuruk setelah putrinya meninggal. Kehadiran Violet yang pada awalnya hanya untuk membantu Oscar menulis skenario yang tidak kunjung selesai, berubah menjadi membantu Oscar bangkit dari keterpurukannya, Violet membuat Oscar ikhlas untuk merelakan kepergian putrinya.

Violet menunjukkan cara mewujudkan hal yang pernah dijanjikan Olivia, putri Oscar. Di momen itulah Oscar mengingat kembali putrinya dan seberapa dalam keinginannya untuk dipanggil ayah lagi oleh putrinya.

“Mayor, aku mencintaimu!” surat dari Violet Evergarden

Di episode-episode terakhir Violet Evergarden, episode 11, 12, dan 13 menyuguhkan aksi Violet yang mengagalkan rencana pasukan anti perdamaian untuk memicu perang kembali. Di momen inilah Violet bekerja sama dengan Kapten AL Dietfried Bougainvillea, kakak dari mendiang Mayor Gilbert Bougainvillea yang mempunyai kebencian kepada Violet.

Di hampir penghujung kisah, Kapten Dietfried yang melihat Violet sudah berubah dan bukan lagi alat perang tanpa perasaan, mulai perlahan-lahan memperbaiki hubungannya dengan Violet. Kapten Dietfried pun berpesan kepada Violet agar terus hidup untuk mengenang Mayor Gilbert.

Anime Violet Evergarden diakhiri dengan sebuah surat yang Violet tujukan kepada Mayor Gilbert, surat yang mengungkapkan kalau Violet sangat mencintai Mayor Gilbert.

Masa lalu Violet dan masa depannya sebagai Auto Memory Doll (Boneka Memoar Otomatis)

Violet Evergarden episode 8 dan 9 mengungkapkan banyak hal yang terjadi di masa lalu Violet, termasuk saat-saat terakhir Violet dengan Mayor Gilbert Bougainvillea. Violet yang akhirnya tahu bahwa sang mayor telah meninggal, mempertanyakan kelayakan dirinya untuk tetap hidup. Violet merasa tidak punya tujuan lagi dan merasa bersalah karena dulu telah membunuh banyak nyawa di medan perang.

Di masa terpuruknya itu Violet mendapat kiriman sebuah surat, sesuatu yang membuatnya mengingat kembali tentang hal-hal baik yang telah dia lakukan sebagai Auto Memory Doll (Boneka Memoar Otomatis). Violet pun sedikit mengerti bahwa kehadirannya bermanfaat bagi orang lain dan karena itu dia layak untuk tetap hidup.

Surat Dari Luculia Untuk Kakaknya

Momen yang terdapat di episode 3 anime Violet Evergarden ini menceritakan Violet yang mengikuti pelatihan Doll dan bertemu dengan Luculia Marlborough, seorang Doll yang mempunyai masalah dalam berkomunikasi dengan kakaknya.

Orang tua Luculia meninggal akibat perang, kakak Luculia yang merupakan seorang tentara menjadi depresi karena gagal melindungi keluarganya. Luculia yang hanya ingin berterima kasih karena sang kakak pulang dari peperangan dengan selamat, lantas tidak dapat menyampaikan perasaannya disebabkan buruknya kondisi sang kakak. Violet pun akhirnya mengetikan surat untuk menghubungkan perasaan mereka berdua.

Itulah 5 momen terbaik di serial anime Violet Evergarden. Bagaimana menurut kamu? Episode manakah yang paling membuat kamu menangis?