Mengenang Cinta Pertama Lewat Kelas Perkenalan Arsitek

Introduction to architecture adalah sebuah film korea yang di rilis pada tahun 2012. Tahun tersebut korea selatan di penuhi dengan berbagai film bagus dan berkualitas, sebut saja yang segenre dengan film ini yaitu werewolf boy juga merupakan film dengan genre drama romance. Film ini di perankan oleh 4 pemeran utama sekaligus yang sebenarnya berfokus pada cinta dua tokoh saja, tapi karena film ini di ceritakan dalam dua time line yaitu 15 tahun sebelumnya dan 15 tahun sesudahnya maka peran untuk tokoh yang 15 tahun lebih muda berbeda dengan tokoh yang 15 tahun lebih tua. Keempat pemeran ini adalah Han Ga In, Bae Suzy, Uhm Tae Wong, Lee Je Hoon.

Film drama romantis ini juga di balut dengan komedi ringan yang di temani dengan nuansa tema arsitektur di sepanjang film membut film ini begitu unik dan dan apik tersaji dan imbangi dengan plot yang terus menerik perhatian di sepanjang film walau menawarkan cerita yang sangat sederhan dan dekat dengan realitas kehidupan sehari hari.

Plot ceritanya di mulai ketika seorang wanit berumur 30 tahunan bernama seo yeon mendapati rumah ayahnya di jeju sudah kurang terawat dan agak rusak. Setelah melihat rumhanya itu ia langsung berangkat ke seoul dan mendatangi sahabat lamanya seung min yang kini telah menjadi seorang arsitek. Saat pertama kali bertemu seung min sama sekali tidak bisa mengenal sahabat lamanya seo yeon. Tapi setelah di ingatkan kembali maka ia mulai bertanya banyak hal tentang dirinya bak layaknya seorang reporter yang bertanya tanpa henti.

Dari situlah di ketahui kalau so yeon sahabatnya telah menikah beberapa tahun yang lalu dan kini sedang dalam hubungan yang tidak bagus dengan suaminya. Seo yeon menawarkan seung min untuk membangun rumahnya kembali di pulau jeju. Pada awalnya seung min agak ragu menerima pekerjaan itu, namun setelah di yakinkan lebih jauh seung min pun menerima pekerjaan itu dan mulai mengajak seo yeon untuk meeting santai membahas konsep rumah yang akan di bangunnya bersama asistennya chae eun.

Dalam meeting itu lah chae eun merasa penasaran hubungan antara seung min dan so yeon serta bertanya tanya bagaimana kedua orang ini bertemu jika mereka dulunya kuliah di jurusan yang berbeda dimana seung min kuliah di jurusan aristektur sedangkan seo yeon adalah mahasiswa jurusan musik dulunya.

Dengan itu maka scene langsung mengajak penonton untuk kilas balik bagaimana seung min dan so yeon bertemu pertama kali di 15 tahun silam saat mereka masih kuliah di universitas yang sama. Di perankan oleh bae suzy, seo yeon sebagai mahasiswa jurusan musik mengambil kelas di mata kuliah perkenalan arsitektur. Dari sana laha seung min melihat seo yeon pertama kali dan mulai merasa suka pada seo yeon yang cantik dan di ketahui juga ternyata seo yeon tinggal sangat dekat dengan rumahnya.

Dari hal ini lah mereka mengambil rute bus yang sama untuk berangkat kuliah dan pulang dari kuliah walau mereka belum berkenalan satu sama lain dan seung min yang suka duduk di belakang bus suka melihat seo yeon secara diam diam.

Suatu hari mereka di berikan sebuah tugas dari kelas arsitektur yaitu dosen meminta agar semua siswanya untuk berkeliling di sekitaran tempat tinggal mereka untuk mempelajari arsitektur dan bangunan di sekitar mereka. Dari tugas ini lah akhirnya seo yeon melihat seung min yang malu membuang muka dan pura pura tidak mengenalnya. Tapi seo yeon menyapanya dan mulai berkenalan dengannnya. Mereka masuk ke sebuah rumah kosong di dekat tempat tinggal mereka. Seo yeon mengaku kalau ia baru datang dari kota jeju dan tinggal di rumah teman ayahnya di sekitaran serta belum terlalu mengenal daerah tersebut.

Untuk itu ia meminta seung min membantunya dalam mengerjakan tugas dan bertugas bareng. Hal ini tentu membuat seung min sangat senang bisa dekat dengan wanita cantik yang ia sukai dan membuatnya bersemangat. Mereka lalu mengerjakan tugas hingga pergi ke sebuah tempat yang jauh dan pergi ke atap untuk bercerita beberapa hal dan kemudian seo yeon menawarkan seung min untuk mendengarkan lagu etude of memory yang di nyanyikan kim dong ryool. Dari momen itu lah seung min merasa semakin suka lagi dengan seo yeon, dan scene kembali lagi ke masa sekarang untuk melanjutkan meeting yang belum menemukan titik temu antara klien dan arsitek. Lalu chae eun menyarankan untuk merenovsi rumah itu saja sehingga kenangan pada rumah itu bisa tertahan sambil mendapatkan sentuhan baru pada bangunan.Usulan ini akhirnya di setujui dan proyek mulai di langsungkan.

Dan film ini akan terus berjalan paralel dengan kembali ke masa lalu dan masa sekarang sehingga mendapatkan dua ending di masing masing timeline yang saling berkaitan.