Review Lengkap Film Harry Potter Dari Sekuel ke 1-8

Film adalah salah satu hal yang dipakai untuk hiburan. Jenis film yang ada saat ini juga sangat banyak. Sineas dalam maupun luar negeri berbondong-bondong untuk menciptakan sebuah genre yang akan sukses di pasar film dunia. Film tak hanya dibuat berdasarkan hayalan pembuat skrip saja akan tetapi juga diambil dari buku-buku yang terbaik yang best seller di dunia. Salah satu film luar biasa hasil adaptasi buku adalah Harry Potter.

Film yang bergenre petualangan dan juga fiksi ini sangat menarik untuk diulas. Buku karangan karya JK Rowling ini memang telah booming sejak akhir tahun 1990an dan mulai dibuat film pada keluaran buku ketiga. Pada tahun 2001 Warner Bros membuat film perdana Harry Potter yang terbukti sukses besar di pasaran. Dengan kesuksesan ini maka penggarapan film juga dilanjutkan hingga buku terakhir Harry Potter dipasarkan.

Alur Cerita Harry Potter

Buku Harry Potter sendiri jumlahnya ada tujuh buah. Ketujuh buku ini lah yang diadaptasi menjadi film hingga delapan sekuel. Harry Potter dalam versi film ini memiliki judul lengkap Harry Potter and The Sorcerers Stone, Harry Potter and The Chamber of Secret, Harry Potter and The Prisioner of Azkaban, Harry Potter and The Goblet of Fire, Harry Potter and The Order of The Phoenix, Harry Potter and The Half Blood Prince, Harry Potter and The Deadly Hollow part 1 dan 2. Kedelapan film ini diselesaikan dengan pemain yang sama selama proses syuting dilakukan.

Alur cerita dimulai dari Harry Potter kecil yang dititipkan di rumah paman dan bibinya di london. Harry diperlakukan seperti seorang pembantu dalam rumah tersebut dan bahkan tak segan-segan untuk disiksa oleh paman dan bibinya. Kedua orang merawat Harry ini memiliki seorang anak laki-laki manja yang selalu ingin menang. Dengan harry di dalam rumah tersebut maka makin menjadi-menjadi manjanya anak tersebut.

Cerita awal dimulai dengan Harry Potter yang menerima surat dari Hogwart dan ternyata pamannya merobek surat tersebut. Cerita berlanjut dalam dengan Harry yang dijemput paksa oleh Hagrid yaitu penjaga gerbang Hogwart. Dalam cerita pertama ini Harry berpetualang untuk mendapatkan batu bertuah yang coba direbut oleh musuhnya yaitu Voldemort.

Sedangkan pada film kedua cerita dimulai dengan kembalinya Harry ke Hogwart. Petualangan yang kedua ini harus dilalui tanpa salah satu teman terbaik Harry yaitu HermioneGranger karena dia dibekukan oleh monster dari ruang rahasia milik Slyterin. Pada film ini Harry melawan bayangan muda Voldemort yang telah memperdaya Ginny, adik dari sahabat Harry Ronald Weasley. Petualangan Harry di dalam ruang rahasia ini berhasil mengalahkan Tom Riddle atau Voldemort muda sehingga pintu ruang rahasia kembali tertutup dan murid-murid yang sebelumnya dibekukan akhirnya kembali sehat seperti sedia kala.

Sekuel film yang ketiga ini sedikit lebih berbeda dari kisah yang kedua dimana di cerita ini akan menjadi titik awal untuk segala informasi tentang masa lalunya. Pada cerita ini Harry akan dipertemukan dengan ayah baptisnya yang dipenjara di Azkaban dan terkuak lah kenyataan siapa yang menghianati orang tua Harry. Sekuel dilanjutkan dengan cerita keempat yang mana petualangan Harry dimulai ketika namanya secara misterius masuk ke dalam piala api yang mengharuskannya untuk mengikuti pertandingan triwizard yang sangat berbahaya.

Pada film keempat ini lah diperlihatkan secara langsung bagaimana rupa dari Voldermort yang asli. Cerita kembali dilanjutkan pada sekuel kelima dimana pada film ini Garry membentuk sebuah aliansi bernama dumbledor army dan harus kehilangan ayah baptisnya yaitu Sirius Black karena dibunuh oleh salah satu pelahap maut milik Voldemort. Kisah mulai menapaki jalan akhir dimana tahun keenam Harry Potter dijalani dengan lebih waspada karena Voldemort dan pengikutnya mulai menunjukan eksistensi mereka.

Film keenam dalam Harry Potter ini menceritakan kisah awal mula Voldemort mulai menggunakan sihir gelap. Pada film enam ini pula Dumbledor sebagai kepala sekolah Hogward mati. Cerita diakhiri dengan dua sekuel terakhir yang mana Harry Potter mencari potongan jiwa Voldemort. Pertarungan terakhir terjadi di dalam kastil Hogward hingga Harry dan Voldemort bisa langsung berhadapan dan akhirnya Harry berhasil membunuh Voldemort walau banyak korban jiwa yang jatuh.

Keunikan Film Harry Potter

Harry Potter adalah salah satu film yang unik karena selama delapan sekuel film ini berlangsung tidak ada pergantian cast atau pemain. Selama film berlangsung pemain utama yang digunakan dan juga pemeran pembantu lain tidak pernah berubah. Film ini juga yang membawa properti bangunan dalam jumlah banyak pada saat proses syuting sedang berlangsung. Film ini juga yang membutuhkan jumlah seragam paling banyak sepanjang sejarah perfilman.