The Green Mile : Keajaiban Di Dalam Penjara

Sobat sobat pecinta film kali ini kami akan melakukan review atas sebuah film drama fantasi yang dirilis pada tahun 1999 di Amerika dan disutradarai oleh sutradara kenamaan yang bernama frank darabont yang berjudul the green Mile. Film ini diadaptasi berdasarkan dari novel yang berjudul sama pada tahun 1996 yang ditulis oleh Stephen King. Film ini diperankan oleh aktor kenamaan tom hanks sejumlah nama lainnya.

Cerita film ini mengenai sebuah keajaiban yang terjadi di penjara di mana hanks sebagai pemeran utama berperan sebagai kepala sipir penjara yang menyaksikan sendiri kejadian Supernatural yang terjadi di depan matanya. Dengan sinematografi yang apik film produksi castle rock Entertainment Ini dan didistribusikan oleh Warner Bros pictures serta universal pictures yang internasional dan dirilis pada tahun 1999 bulan Desember memiliki durasi tayang selama 189 menit alias lebih dari 3 jam. Film yang diproduksi dengan budget 60 juta dolar ini mendapatkan pendapatan boxnya senilai 286,8 juta us dollar..

 Film The Green mile sendiri mendapatkan pujian dari para kritikus dan orang-orang yang melakukan ritual film sehingga membuat film ini begitu fantastis ditonton oleh banyak orang pada masa itu dan dinominasikan atas empat penghargaan academy awards.

Film ini bersetting utamanya di sebuah penjara di sebuah blok yang disebut dengan blok terakhir atau blok hijau atau juga dengan the green Mile, dimana blok penjara ini berisikan tahanan-tahanan yang menunggu hukuman mati.

Film ini akan dibuka dengan menunjukkan seorang pensiunan yang bernama Paul dan hidup di rumah panti jompo di kota Louisiana Amerika Serikat pada tahun 1999. Iya bersama para kolega rumah panti jompo itu melihat sebuah film Hitam Putih yang berjudul top hat. Setelah menonton film itu Paul menjadi sangat emosional dan dengan ditemani oleh Elaine, paul mulai menceritakan tentang sebuah kejadian yang dia saksikan dengan matanya sendiri pada saat ia bekerja sebagai seorang kepala sipir penjara di tahun 1935.

Seiring dengan paul yang bercerita maka scene film akan kilas balik langsung ke masa lalu di tahun 1935 pada saat itu Paul sedang mengalami gangguan kesehatan yaitu Iya mengalami kencing batu di mana setiap kali ia ingin melakukan buang air kecil ia menahan rasa sakit yang sangat mendalam dan Setengah Mati. Sebagai kepala sipir penjara, Ia merupakan orang yang sangat tegas namun selalu bisa bersimpati kepada para sahabatnya yang ada di dalam kurungan sel dan menunggu hingga  tanggal hukuman kematian diputuskan. Paul sendiri akan an mengatur para anak buahnya untuk melaksanakan ritual hukuman mati di mana para tahanan ini akan didudukkan di sebuah kursi listrik. Kepalanya akan dibasahi dengan air kemudian akan dipakaikan helm dari logam yang menghantarkan listrik pada saat aliran listrik dinyalakan.

Suatu hari Paul kedatangan seorang tahanan baru, fisik dari tahanan ini sangatlah tinggi dan besar sekali serta berkulit hitam. Penampilan yang seperti raksasa ini bahkan bisa membuat para sipir penjara merasa takut jika tahanan ini berlaku kasar dan terancam dan terintimidasi apabila diserang oleh tahanan baru ini yang bernama john coffey. Tahanan mati bernama john ini menjelaskan bahwa Nama belakangnya coffey di tuliskan dengan menambahkan huruf y di belakang kata coffe (kopi).

Walau John memiliki tubuh yang sangat besar dan mengintimidasi tapi bisa melihat kalau hati yang dimiliki oleh pria ini sangatlah lembut dan penuh ketakutan bahkan di saat pertama kali mereka bertemu. Fisik yang besar ini tidak datang bersamaan dengan kesombongan ataupun keangkuhan. Ia sangat sopan dan bahkan takut dengan geledek dan malam. John divonis hukuman mati karena dituduh setelah memperkosa dan membunuh dua gadis kecil berkulit putih..

Dalam kesehariannya di penjara John berperilaku sangat baik dibandingkan para tahanan lainnya, dan Seiring berjalannya waktu paul dan rekan-rekannya secara perlahan-lahan menyadari bahwa ada kekuatan spesial dari dalam diri John yang sulit dipercaya oleh mereka. Yaitu Ia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dengan cara yang sangat tidak biasa dan pastinya bisa anda saksikan sendiri bagaimana ia melakukannya di film nanti.

Kemampuan menyembuhkan dari John dini tidak hanya terjadi sekali saja. Karena setelah ia mengetahui kalau kepala sipir penjara Paul mengalami infeksi saluran kencing ia langsung menyembuhkannya seketika itu juga. Sementara Paul yang sudah mulai penasaran sejak ia masuk ke dalam sel melihat bahwa tingkahnya sama sekali bukanlah seorang pembunuh semakin merasa penasaran lagi setelah ia di sembuhkan. Perlahan-lahan paul pun mencari dan menggali kasus dari komik hukuman mati John. Ia ingin mengetahui fakta dibalik Pembunuhan itu apakah John benar-benar telah melakukannya sedangkan dari naluri yang ia rasa tidak seperti itu.

Dan anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana kisah dari film masterpiece yang satu ini dan akan menyentuh hati terdalam anda serta memberikan hiburan solid selama 3 jam penuh.