Lakukan Cara Dian Di Film Pendek Tilik

Film pendek Tilik yang merupakan besutan dari sutradara Wahyu Agung Prasetyo sepertinya mendapatkan perhatian besar dari netizen. Film ini diproduksi pada tahun 2018 dan mengisahkan tradisi masyarakat Jawa pada saat menjenguk ke rumah sakit secara bersama-sama. Di film ini, ibu-ibu yang berasal dari lingkungan tertentu diceritakan tengah naik truk untuk bisa tiba di rumah sakit. Yang unik dari film ini, bukan hanya karena tradisinya saja yang diangkat tetapi kebiasaan masyarakat yang sering membicarakan orang lain atau istilah yang sering digunakan sekarang adalah nyinyir.

Awal mula film ini penonton sudah bisa melihat perjalanan ibu-ibu ke rumah sakit dengan menaiki truk. Penonton dapat menangkap bagaimana rumor yang berkembang dari mulut ke mulut. Salah satu pemeran dalam film ini yaitu Bu Tedjo adalah tokoh sentral yang mulai melemparkan rumor. Menggunakan bahasa Jawa yang halus, Bu Tedjo kemudian mengomentari Dian yang merupakan seorang kembang desa yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

Dian sendiri merupakan seorang gadis cantik yang modern. Dian sudah cukup umur jika ingn menikah. Ibu-ibu yang ada di lingkungan tempat tinggal tersebut tidak ada yang tahu apa sebenarnya pekerjaan dari Dian ini. Dari situslah rumor berkembang. Mulai dari foto hingga barang-barang mewah yang dikenakan Dian sepertinya dijadikan bahan untuk bergosip. Bahkan ibu-ibu ini mengira, Dian adalah perempuan nakal. Tapi tunggu dulu, disini bukan alur cerita Film Tilik yang akan dibahas tapi bagaimana jika kamu adalah seorang Dian.

Walaupun tema film ini sangat dekat dengan kegaiatan sehari-hari masyarakat Indonesia seperti bergosip, tapi bagaimana jika Anda yang menjadi bahan pembicaraan tersebut? Bagaimana jika ada orang lain yang membicarakan hal-hal buruk mengenai kamu? Apabila kamu menjadi Dian, sudah pasti kamu akan melabrak orang tersebut, bukan? Tapi coba tarik nafas dulu kemudian tenangkan diri kamu. Selanjutnya, beberapa hal ini bisa kamu lakukan.

  1. Abaikan

Pertama, kamu bisa mengabaikan pembicaraan miring tentang kamu terlepas dari apakah gosipnya itu benar atau salah. Karena biasanya orang yang suka membicarakan hal buruk tentang orang lain, mereka memiliki rasa iri. Jadi jika kamu mendengar orang lain tengah membicarakanmu, mungkin mereka iri dengan apa yang kamu miliki saat ini. Tak perlu digubris karena jika gosip yang menyebar tentang kamu tidak benar, tentu gosip itu akan hilang secara perlahan. Lupakan semua omongan tersebut dan anggap kamu tidak pernah mendengarnya.Biarkan saja mereka berbicara tentangmu apapun itu, karena apabila mereka tidak bisa membuktikan kebenarannya, mereka sendiri yang akan malu.

  1. Buktikan jika semua itu tidak benar

Kamu harus bisa membuktikan bahwa gosip yang beredar tersebut tidaklah benar. Kamu harus tunjukkan kepada semua orang yang membicarakan hal buruk tentangmu. Tidak perlu membela diri terlalu berlebihan, cukup beberkan saja kebenarannya yang disertai dengan bukti. Dengan cara ini, kamu akan membuat para penggosip jadi malu dengan omongan mereka sendiri.

  1. Menegur dengan sopan

Tapi, apabila mereka tetap menyangkal fakta yang kamu utarakan, kamu bisa menegurnya. Tapi tetap ingat jika menegur disini tetap harus dengan bahasa yang sopan. Jika kamu tidak bisa bertatap muka secara langsung, hubungi saja melalui telepon atau lewat chat juga tidak maslaah. Kamu bisa tanyakan dulu mengapa orang-orang tersebut menyebarkan rumor buruk tentang kamu dan apa tujuan mereka. Dan sebelum menegur, sebaiknya kamu kumpulkan dulu bukti-bukti jika semua yang dibicarakan oleh orang-orang tersebut tidaklah benar. Jadi apabila salah seorang yang berbicara buruk tadi menyangkal, kamu sudah memiliki cukup bukti yang digunakan sebagai senjata untuk melawannya.

  1. Balas mereka dengan prestasi

Apabila semua cara-cara sebelumnya sudah dilakukan tetapi masih ada saja kabar burung yang tak sedap tentang kamu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu harus tunjukkan ke mereka bahwa kamu bukanlah orang yang bisa ditindas begitu saja. Berusahalah memberikan prestasi terbaik sehingga orang-orang tersebut akan menutup mulutnya dan berhenti membicarakan kamu. Jika rumor yang beredar seperti di film Tilik tadi mengenai pekerjaan, kamu bisa buktikan pencapaian karir yang kamu dapatkan di kantor. Jika gosipnya tentang rumah tangga kamu, buktikan jika kamu dan pasangan bahagia dengan kehidupan pernikahan yang dijalani. Dengan demikian, mereka akan berhenti membicarakan hal-hal buruk mengenai kamu. Bahkan, kamu akan menjadi contoh yang baik untuk mereka nanti.

Jadi daripada pusing-pusing mikirin rumor buruk tentangmu yang membuat kamu jadi sakit hati kemudian melabrak mereka, lebih baik lakukan beberapa cara seperti yang dijelaskan di artikel ini. Karena melabrak bukanlah jalan terbaik untuk menghentikan rumor yang beredar. Ini hanya akan membuat nama kamu jadi semakin buruk dan mereka akan tertawa dengan hal itu. Tenangkan diri dulu baru kemudian pikirkan langkah terbaik yang bisa kamu lakukan.