Parasite Film Tentang Kontras Strata Sosial

Halo apa kabar sobat sobat pemerhati dan pecinta nonton film. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah review tentang semua film yang dirilis di Korea Selatan pada tahun 2019 yaitu film berjudul parasite. Film ini disutradarai langsung oleh sutradara kenamaan bernama Bong Joon Ho. Dengan genre komedi thriller yang bersifat gelap, film ini mendapatkan banyak sekali penghargaan dan positif dari para kritikus film sedunia. Parasite bisa dibilang dalam sebuah mahakarya film bagus di tahun 2019 yang anda cari pada bidang lainnya. Seperti Apa filmnya inilah yang akan kami bahas.

Meski menggunakan cash atau aktor dan aktris yang bukan papan atas Korea film ini mampu menghargai Perhatian para penontonnya dengan keseruan cerita dan sinematografi yang begitu menarik dan semuanya sajikan dengan tangan apik. Film ini dibintangi oleh song Kang Ho, Lee Sun Kyun, cho yeo jeong, choi woo shik, park so dam, jang hye jin, lee jung eun dan sejumlah cast ternama lainnya. Film yang didistribusikan oleh CJ Entertaiment ini dirilis pada tanggal 30 Mei tahun 2019 di Korea Selatan dengan durasi film mencapai 132 menit. Dengan budget produksi hingga 20 miliar Won, film ini mendapatkan pendapatan box office nya lebih dari 264,4 juta US dolar. Film ini memenangkan penghargaan yang diberikan seperti Academy Awards, best picture, best director, best original screenplay, dan best International film.

Cerita film ini sangatlah sederhana dan dan apa yang ingin ditunjukkan dalam cerita ini adalah kontras perbedaan lapisan ekonomi dalam status sosial Korea memberikan satir secara tidak langsung kepada para penontonnya.

Film ini menggambarkan keluarga kim yang hidup dalam sebuah rumah yang sangat kecil saking kecilnya dan bawahnya hunian mereka bisa dibilang mereka ber kuning di dalam sebuah apartemen di mana merupakan tempat terendah dari kota Seoul Korea Selatan. Hunian mereka bahkan lebih rendah daripada jalanan disekitaran sehingga bila hujan turun maka semua air akan masuk dan membanjiri rumah mereka sebegitu rendahnya kehidupan dari keluarga Kim. Keluarga ini hidup dengan dana yang pas-pasan dan memakan makanan yang sangat sederhana setiap orang bekerja demi mendapatkan sesuap nasi. Keluarga tim terdiri dari 4 orang yaitu Ayah Ibu dan dua orang anak, satu laki-laki dan satu lagi perempuan. Keluarga Kim bisa dibilang sebagai keluarga yang mewakili status dan strata sosial terendah di Korea.

Sedangkan di sisi lainnya dan juga masih di kota Seoul Korea Selatan, hidup keluarga lain disebut keluarga Park. Berbeda dengan keluarga Kim yang hidup dalam strata sosial terbawa. Keluarga ini hidup dalam kemewahan dan berada di status sosial tertinggi. Saking tingginya Anda bisa melihat rumah keluarga park ini ini perlu dicapai menanjaki bukit-bukit di jalanan raya hingga mendapat tanggal dan mendaki bukit-bukit jalanan lagi baru sampai di rumah keluarga Park yang mewah dan besar serta sangat memuaskan. Anda mungkin akan curiga saking tingginya posisi rumahnya maka semua air hujan yang turun ini akan perlahan-lahan turun menuju dan menyalur basement keluarga kim. Keluarga Park terdiri dari 3 anggota keluarga yaitu Ayah Ibu dan dua orang anak. Keluarga Park bisa dibilang mewakili status sosial tertinggi di Korea yaitu parah orang-orang kaya atau konglomerat.

Suatu hari takdir mempertemukan Kedua keluarga ini sehingga terjadilah Interaksi yang sangat umum di mana si miskin bekerja kepada si kaya. Saat itu anak laki-laki dari keluarga Kim bekerja sebagai guru les untuk anak perempuan keluarga Park. Tentunya dengan pekerjaan ini bayaran terima pun menjadi sangat tinggi. Perlahan-lahan sang anak lelaki ini pun melihat bahwasannya dia bisa membantu kakaknya untuk menjadi seorang guru les lagi bagi anak keluarga Park yang satunya lagi.

Maka dengan sedikit perencanaan dan usaha yang dilakukan maka sama Andi berhasil mengenalkan kakaknya sebagai seorang guru les lagi bagi anak laki-laki keluarga Park. Demikian Kedua keluarga yang bekerja untuk keluarga Park ini mencoba menjaga hubungan mereka tidak diketahui, sehingga terlihat mereka tidak mengenal satu sama lain apalagi mereka adalah bersaudara.. Dan tanpa berhenti di sini kedua kakak beradik ini kemudian mencari cara dan cela serta kesempatan untuk memasukkan ibu dan ayah mereka untuk bekerja kepada keluarga Park juga. Dengan catatan keluarga Park sama sekali tidak tahu bahwa keempat orang ini adalah satu keluarga.

Rencana ini berjalan begitu mulus dan rapi dengan segala bumbu dialog dan skenarionya yang menarik, dan menggambarkan bagaimana keluarga Kim yang miskin menjadi sebuah parasit bagi keluarga kaya seperti keluarga park. Tapi tentunya ini hanyalah permulaan nya saja yang akan terjadi selanjutnya bisa anda saksikan sendiri. Terima kasih.