Rekomendasi Film Indonesia Bertema Keluarga

Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat saat liburan. Mereka bisa menonton secara langsung di bioskop maupun menonton di rumah. Hal ini bergantung dari selera masyarakat serta ketersediaan film yang ada di bioskop. Berbagai macam film baik yang diproduksi oleh sineas Indonesia maupun luar negeri dapat dipilih. Saat ini, kualitas film Indonesia tidak kalah dengan film yang diproduksi oleh sineas luar negeri.

Film Indonesia telah mampu membuat berbagai macam film dengan berbagai macam tema. Beberapa tema yang sering diangkat serta diterima oleh publik adalah film dengan tema keluarga dan romantis. Berikut ini beberapa rekomendasi film Indonesia dengan tema keluarga dan romantis yang bisa dinikmati selama liburan dan bersama keluarga.

Film Indonesia dengan Tema Keluarga Terbaik

  • Keluarga Cemara

Bagi masyarakat Indonesia yang telah menonton TV sejak tahun 1990-an, maka tentu mereka akan familiar dengan sinetron Keluarga Cemara. Tingginya animo masyarakat tentang sinetron ini membuat sineas film Indonesia membuat ulang dalam sebuah versi film dengan judul yang sama. Pemeran utama dari film Keluarga Cemara adalah Ringgo Agus Rahman yang memerankan tokoh Abah. Sedangkan Nirina Zubir memerankan tokoh Emak. Adhisty Zara memerankan tokoh Euis. Film ini menceritakan tentang keluarga Abah yang mengalami keterpurukan ekonomi karena perusahaan yang ia kelola mengalami kebangkrutan. Kondisi ini mengharuskan Abah dan keluarga untuk pindah ke salah satu desa terpencil yang ada di Jawa Barat. Di desa tersebut, Abah kemudian beralih profesi menjadi seorang kuli bangunan. Sedangkan Emak membantu keluarga dengan membuat opak dan menjualnya dibantu oleh Euis. Film ini banyak memberikan nilai moral bagi keluarga di Indonesia. Sehingga, film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga.

  • Orang Kaya Baru

Film ini juga mengangkat tema sebuah keluarga. Pemain utama dari film ini adalah Lukman Sardi sebagai Bapak, Cut Mini sebagai Ibu, Derby Romero sebagai Duta, Raline Shah sebagai Tika, serta Fatih Unru sebagai Dodi. Film ini menceritakan bagaimana sebuah keluarga sederhana yang saling menyayangi harus kehilangan Bapak sebagai kepala keluarga. Akan tetapi, tanpa diduga, ternyata bapak memiliki banyak warisan harta yang bisa digunakan oleh istri dan anak – anaknya. Sehingga, mereka mendadak menjadi orang kaya baru. Film ini akan membeberkan kisah bagaimana perubahan yang dilalui oleh keluarga Bapak saat mereka menjadi orang kaya baru.

  • Tampan Taylor

Tampan Taylor merupakan sebuah film dengan tema keluarga yang layak ditonton bersama keluarga karena banyaknya nilai dan pesan moral yang bisa diambil dari film tersebut. Film ini diperankan oleh Vino G Bastian sebagai Topan, Jefan Nathanio sebagai Bintang, dan Ringgo Agus Rahman sebagai Darman. Film ini menceritakan bagaimana usaha Topan untuk bangkit setelah mengalami berbagai macam kesulitan hidup seperti kehilangan istri, penutupan toko jahit yang ia miliki, serta ancaman drop out bagi anaknya karena tak mampu membayar biaya sekolah.

Film Indonesia dengan Tema Romantis Terbaik

  • Habibie & Ainun

Habibie & Ainun bisa dibilang menjadi salah satu film romantis yang menarik perhatian semua kalangan. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dari Presiden ke-3 Indonesia yaitu Bapak Bacharudin Jusuf Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie. Reza Rahadian didapuk menjadi pemeran utama yaitu Habibie. Sedangkan tokoh Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film ini menceritakan bagaimana jalan cinta antara Habibie dan Ainun mulai dari saat mereka masih bersekolah hingga mereka telah resmi menjadi suami istri. Selain itu, dalam film ini juga ditampilkan bagaimana Ainun yang terus mendukung setiap mimpi dari Habibie. Akan tetapi, kisah mereka dipisahkan karena Ainun meninggal dikarenakan penyakit yang menggerogotinya. Namun, dalam film tersebut ditampilkan bagaimana Habibie selalu dengan setia mendampingi Ainun hingga saat terakhir.

  • Dilan 1990

Film Indonesia dengan tema romantis lain yang juga bisa ditonton adalah Dilan 1990. Film ini dibuat sebagai bentuk adaptasi dari sebuah novel yang berjudul Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990 yang ditulis oleh Pidi Baiq. Film Dilan 1990 diproduksi pada tahun 2018 dan diperankan oleh Iqbal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea. Film ini dibuat dengan setting yang sama dengan yang ada di novel yaitu kota Bandung tahun 1990. Film Dilan menceritakan bagaimana kisah cinta antara Dilan yang merupakan ketua geng motor yang ada di kota Bandung dengan Milea murid pindahan dari Jakarta. Film ini sukses menggaet minat masyarakat terutama para remaja. 

  • Perahu Kertas

Perahu  Kertas merupakan film romantis yang memiliki cerita haru biru. Film ini diperankan oleh Maudy Ayunda sebagai Kugy dan Adipati Dolken sebagai Keenan. Perahu Kertas menceritakan Kugy yang memiliki kepribadian tomboy dan sering menuliskan curahan hatinya pada kertas. Kemudian, ia akan mengubah kertas tersebut menjadi perahu dan dihanyutkan ke air. Sementara itu, Keenan adalah seorang mahasiswa ekonomi yang sebenarnya tertarik menjadi pelukis. Lika Рliku kisah cinta mereka menjadi inti utama dari film Perahu Kertas.